Google Search

Saturday, September 24, 2016

Name of Days in English (Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris)

Nama-nama Hari dalam Bahasa Inggris
Dalam artikel kali ini kita akan belajar tentang nama-nama hari dalam Bahasa Inggris. 

Sebenarnya artikel ini bisa dibuat gampang saja, tinggal menuliskan nama hari dalam Bahasa Indonesia, lalu diberi tanda sama dengan kemudian diikuti oleh Bahasa Inggrisnya, daaan..selesai. Namun saya tidak mau seperti itu karena tentunya akan menjadi sangat formal dan membosankan.

Saya ingin ada nilai tambah yang diperoleh bagi para pembelajar dari artikel ini, ketimbang hanya sekedar menghafalkan nama hari dan terjemahannya, tidak ada salahnya kalau kita juga mengetahui sejarah atau budayanya.

Nama-nama hari dalam banyak bahasa berasal dari nama-nama planet klasik dalam astrologi Helenistik, yang pada gilirannya dinamai dewa kontemporer dalam budaya Romawi. Dalam beberapa bahasa lain, hari-hari dinamai sesuai dewa dari kebudayaan daerah, baik dimulai dengan Minggu atau dengan Senin. Dalam standar internasional ISO 8601, Senin diperlakukan sebagai hari pertama dalam minggu itu.

Monday = Senin
Artinya Moon's Day atau Hari Bulan, berasal dari Bahasa Latin dies lunae. Dalam mitologi Germanik Utara, bulan dipersonifikasikan sebagai dewa.

Tuesday = Selasa
Artinya Tiw's Day atau Hari Tiw dalam mitologi orang Norwegia, Tiw merupakan dewa bertangan satu yang dikaitkan dengan peperangan. Juga menonjol dalam mitologi paganisme germanik. Nama ini juga dikaitkan dengan mitologi dewa perang dalam Bahasa Latin dies Martis atau Day of Mars.

Wednesday = Rabu
Artinya Wodan's Day atau Hari Wodan atau dikenal juga dengan sebutan Odin. Dalam Bahasa Latin dikenal sebagai dies Merkurii atau Day of Mercury.

Thursday = Kamis
Artinya Thor's Day atau Hari Thor yang berarti thunder atau petir. Dalam Bahasa Latin diasosiasikan dengan dies lovis atau Day of Jupiter.

Friday = Jumat
Artinya Frige's Day atau Hari Frige, nama dewa dalam kebudayaan Anglo-Saxon. Dalam Bahasa Latin dikenal dengan dies Veneris atau Day of Venus. Orang Norwegia menyebut planet Venus dengan sebutan Friggjarstjama (Frigg's star). Hehehe... agak susah dibaca ya ^-^

Saturday = Sabtu
Merupakan satu-satunya nama hari dalam Bahasa Inggris yang mempertahankan bentuk aslinya dari nama Romawi yaitu Saturn atau Saturnus. Dalam Bahasa Latin disebut dies Saturni atau Day of Saturn.

Sunday = Minggu
Artinya Sun's Day atau Hari Matahari. Ini merupakan translasi dari Bahasa Latin dies Solis. Bahasa Inggris, sebagaimana kebanyakan rumpun bahasa Germanik lainnya, tetap mempertahankan asosiasi dari nama ini dengan hari dewa matahari.

Baiklah, itulah sekilas sejarah dari nama-nama hari dalam Bahasa Inggris tersebut sekiranya dapat menambah wawasan bagi para pembelajar.

Selanjutnya seperti biasa untuk memudahkan pembelajaran bagi pemula, saya menyertakan link video mengenai bagaimana cara penyebutan dan bunyi dari nama-nama hari dalam Bahasa Inggris tersebut. Silahkan disimak dan selamat belajar.




Sekian untuk artikel kali ini, semoga bermanfaat.


No comments:

Post a Comment